Senin, 17 Juni 2013

Washi Ningyo 3D



             Jepang sejak jaman dahulu sudah membuat figure-figur boneka seperti Haniwa dalam Kofun (sekitar 300-600 SM). Pada jaman modern sekarang sudah banyak jenis-jenis boneka Jepang yang dibuat dalam berbagai media, salah satunya yang akan saya bahas disini adalah Washi Ningyo 3D. Sesuai dengan namanya washi (kertas) dan ningyo (boneka), ini adalah sebuah seni membuat boneka menggunakan kertas. Washi Ningyo ada yang berbentuk 2D dan 3D. Washi Ningyo 2D bisa dipakai sebagai pembatas buku, hiasan buku dan sejenisnya, bahan-bahan yang dibutuhkan pun hanya sebatas berbagai jenis kertas untuk baju, rambut dan obi (ikat pinggang).
           Pada bahasan ini saya akan membahas mengenai Washi Ningyo 3D, dimana nantinya boneka tersebut akan dapat berdiri tegak. Boneka ini bisa digunakan sebagai hiasan rumah atau dijadikan usaha. Washi Ningyo 3D yang saya buat menggunakan karton yang sudah dijadikan tabung, sterofoam yang sudah dibentuk bulat, kertas khusus membuat washi ningyo, kertas origami, kertas khusus lain untuk rambut (bentuk kertasnya seperti nori :p), gumpalan koran yang dibungkus tisu sebagai pemberat, dan aksesoris tambahan lainnya.
            Washi Ningyo bisa ditambahkan aksesoris tambahan misalnya kicir angin, origami burung, pita, atau yang lain sesuai keinginan masing-masing. Bisa juga diberi mata dan mulut, tapi jika tidak mau tidak apa-apa. Hasil akhir washi ningyo ditentukan oleh kreativitas pembuatnya, mau dibuat biasa-biasa saja atau berbeda.

 
(sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Japanese_traditional_dolls)

0 komentar :

Posting Komentar